Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam“ (Penelitian Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Al-Hikmah Dusun Muncang Agung Desa Malangbong. Kecamatan Malangbong. Kabupaten Garut).

Khairinisa, Yuni (2019) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam“ (Penelitian Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Al-Hikmah Dusun Muncang Agung Desa Malangbong. Kecamatan Malangbong. Kabupaten Garut). Other thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (144kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (150kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (14kB)
[thumbnail of SKRIPSI YUNI HAIRINISA PAI 2019.pdf] Text
SKRIPSI YUNI HAIRINISA PAI 2019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang peneliti mengambil pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar adalah dikarenakan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Realita yang terjadi di Madrasah yang di observasi berdasarkan pengamatan dan penuturan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Al-Hikmah Malangbong, diketahui bahwa masih ada beberapa peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dari 14 peserta didik kelas IV, 6 peseta didik belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata KKM yaitu 72.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, karena bertujuan untuk menemukan ada tidakya hubungan dua variabel atau menyatakan besar kecilnya hubungan antara dua variabel penelitian. Dipilihnya metode deskriptif sebagai metode penelitian didasarkan kepada pandangan bahwa data yang terkumpul akan diorganisir, dianalisis kemudian disimpulkan.
Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh rata-rata hitumg (x̅ ) dari variabel X adalah 74,7, dan dikonfirmasi berada pada klasifikasi 72,91-75,82. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping di Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awwaliyah Al-Hikmah Malangbong adalah cukup. Dari hasil uji statistik diperoleh rata-rata hitung (x̅ ) dari variabel Y yaitu 87,5, dan dikonfirmasikan berada pada klasifikasi 86,64-89,96, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik adalah baik. Berdasarkan analisis korelasi antar variabel X dan Variabel Y dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman, maka diperoleh rs = 0,49 sehingga jika dilihat dari skala penafsiran guillford 0,49 adalah cukup. Untuk derajat determinasi hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah 24%. Hal ini berarti bahwa metode mind mapping mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MDTA Al-Hikmah Malangbong dan sisanya 76% ditentukan oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hubungan atau korelasi antara metode mind mapping (variabel x) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (variabel Y) memiliki pengaruh dan saling berhubungan dengan intensitas cukup.

Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 May 2022 06:49
Last Modified: 19 May 2022 06:49
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item
View Item