Pengaruh Keluarga Bahagia Terhadap Motivasi Belajae Peserta Didik (Penelitian di SMPN II Rajapolah Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya)

Agung, Rama (2019) Pengaruh Keluarga Bahagia Terhadap Motivasi Belajae Peserta Didik (Penelitian di SMPN II Rajapolah Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (76kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (221kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (214kB)
[thumbnail of SKRIPSI RAMA AGUNG PAI 2019.pdf] Text
SKRIPSI RAMA AGUNG PAI 2019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keluarga Bahagia Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN II Rajapolah Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Dengan tujuan tersebut, maka penelitian ini diharapkan dapat memperkaya keilmuwan tentang Pengaruh Keluarga Bahagia Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Bahwa keluarga bahagia membantu meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupa untuk mengungkapkan kondisi yang terjadi sekarang ini dengan mempertimbangkan keadaan masa yang telah lalu melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dalam penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa Keluarga Bahagia tergolong baik dengan nilai rata-rata hitungnya sebesar 40,92 berada pada skala penafsiran 38,3 – 42,4 dengan klasifikasi baik. Sedangkan, Motivasi Belajar Peserta Didik tergolong cukup dengan nilai rata-rata hitungnya sebesar 34,82 berada pada skala penafsiran 34,42 – 40,13 dengan klasifikasi cukup. Dan Pengaruh Keluarga Bahagia Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN II Rajapolah Desa Tanjung Pura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya memiliki pengaruh yang signifikan dengan kategori cukup thitung = 3,90 > ttabel = 2,045. Keluarga Bahagia Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mempunyai pengaruh sebesar 34% sedangkan sisanya 66% diduga dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar dapat meningkat melalui Keluarga Bahagia. Disarankan agar setiap anggota keluarga khususnya orang tua untuk lebih bisa meningkatkan dan menciptakan keluarga yang baik dan bahagia supaya motivasi belajar peserta didik menjadi semakin baik.
Disarankan kepada para peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci : Keluarga Bahagia, Motivasi Belajar .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 May 2022 01:52
Last Modified: 23 May 2022 01:52
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item
View Item