Irfan, Muhammad (2019) Pengaruh Penggunaan Internet Saat Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI (Penelitian di MA Negeri 3 Tasikmalaya Kecamatan Ciawi ). Other thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
ABSTRAK.pdf - Other
Download (151kB)
BAB I.pdf - Other
Download (270kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other
Download (223kB)
SKRIPSI M IRVAN.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Keberhasilan motivasi dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, baik yang bersumber dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) diri orang yang belajar. Adapun rumusan masalah bagaimana penggunaan internet, bagaimana motivasi belajar siswa, bagaimana pengaruh penggunan internet terhadap motivasi belajar siswa, maka penulis mengadakan penelitian di MA tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet saat pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ski kelas xi di MA Negeri 3 Tasikmalaya. Dengan tujuan di atas, penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa dalam penggunaan internet secara bijak serta upaya peningkatan mutu proses pembelajaran di MA Negeri 3 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Dengan populasi 288 orang dengan sampel 32 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling. Pengumpulan data melalui lembar observasi, angket, dan dokumentasi, serta pengolahan data kuantitatif diselesaikan dengan rumus Rank Spearman (rs)
Berdasarkan hasil pengolahan data: 1) Penggunaan internet menunjukan skala cukup dengan nilai rata-rata hitung ) 57 dan simpangan rata-rata sebesar 5. 2) Motivasi belajar siswa di MA Negeri 3 Tasikmalaya menunjukan skala rendah dengan nilai rata-rata hitung ( ) 58 dan simpangan rata-rata sebesar 5,6. 3) pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa, hasil perhitungan korelasi Rank Spearman dengan nilai rs 0,68 dan bila dikonfirmasikan kepada skala guilford berada pada interval antara 0,60- 0,80 dengan penafsirian tinggi. Sehingga hipotesis alternatif yang diajukan diterima, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung 5,08 lebih besar dibandingkan dengan ttabel 1,611 dengan determinasi 46%. Hal ini berarti motivasi siswa di pengaruhi oleh penggunaan internet sebesar 46% dan sisanya 54% ditentukan oleh faktor lain, misalnya dari internal, adanya kebutuhan, harga diri dan prestasi, adanya cita-cita dan harapan masa depan, keinginan tentang kemajuan dirinya, minat dan kepuasan kinerja dan dari eksternal seperti pemberian hadiah, kompetisi, hukuman dan pujian.
Dari hasil penelitian ini di sarankan kepada guru, orang tua dan pihak yang berperan dalam pengembangan penggunaan internet agar dapat memberikan metode pendidikan.
Kata Kunci : Penggunaan Internet, Motivasi belajar, dan Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 23 May 2022 02:13 |
Last Modified: | 23 May 2022 02:13 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/91 |