Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian Pre Eksperimental Terhadap Peserta Didik Kelas VIII A di MTs Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020)

Irwan, Irwan (2019) Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian Pre Eksperimental Terhadap Peserta Didik Kelas VIII A di MTs Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (133kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (147kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (9kB)
[thumbnail of SKKRIPSI.pdf] Text
SKKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tasikmalaya rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, permasalahan terebut akan di atasi dengan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media visual sebagai media pembelajarannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh media visual terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Tasikmalaya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Tasikmalaya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Populasi penelitian sebanyak 197 responden dan sampel sebanyak 28 orang.Pengambilan sampel dengan purposivesampling.Pengumpulan data melalui lembar observasi dan test, pengolahan data kuantitatif diselesaikan melalui pengolahan data deskriptif dengan korelasi Rank Spearmans (Rs).
Berdasarkan hasil penelitian bahwa: Prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Tasikmalaya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum menggunakan media visual dalam klasifikasi kurang dengan nilai mean 6,42 berada pada rentang nilai X ≤ 6,48 (kurang).Prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Tasikmalaya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sesudah menggunakan media visual dalam klasifikasi cukup dengan nilai mean 8,22 berada pada rentang nilai 6,48 – 8,51 (cukup).Pengaruh media visual terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Tasikmalaya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tergolong tinggi sebesar 0,792 dengan klasifikasi tinggi. Koefisien determinasi sebesar 62.72% terhadap prestasi belajar.Terdapat pengaruh signifikan media visual terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI dengan nilai thitung sebesar 5.828 lebih besar dari ttabel 1,703.

Kata kunci: media visual, prestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 May 2022 02:43
Last Modified: 23 May 2022 02:43
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item
View Item