Yuningsih, Yuyun (2014) Tanggapan Siswa terhadap Strategi Pembelajaran Akttif Metode Learning Starts With A Question Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Plus Multazam -Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
ABSTRAK 2.rtf - Other
Download (53kB)
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMA Plus Multazam -Ciamis, yakni timbulnya kesenjangan antara penerapan strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question yang semestinya membangkitkan semangat belajar siswa dengan kenyataan masih ditemukan semangat belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran PAI. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan yang perlu diteliti, yakni bagaimana hubungan tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question pada mata pelajaran PAI, realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis semakin tinggi tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question maka semakin rendah pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu mengungkap dan menganalisis masalah yang terjadi. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi siswa kelas XI SMA Plus Multazam -Ciamis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa realitas tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning starts with a question pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,47 berada pada interval 3,40 – 4,19. Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk ke dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 3,07 yang berada pada interval 2,60 – 3,39 dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran aktif metode learning start with a question dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI koefisien korelasinya termasuk pada kategori rendah dengan skor 0,30 berada pada interval 0,20 − 0,399. Hipotesis yang menyatakan ada hubungan diterima karena thitung (2,19) > ttabel (2,0162). Dengan demikian, dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang antara tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran akttif metode learning starts with a question dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 23 May 2022 03:30 |
Last Modified: | 23 May 2022 03:30 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/96 |