Pengaruh Bimbingan Panti Asuhan Terhadap Pendidikan Akhlak Anak Asuh (penelitian di Yayasan Taman Harapan Kota Tasikmalaya

Arisah, Siti (2012) Pengaruh Bimbingan Panti Asuhan Terhadap Pendidikan Akhlak Anak Asuh (penelitian di Yayasan Taman Harapan Kota Tasikmalaya. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of KAFER.pdf] Text
KAFER.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of HARSAH.pdf] Text
HARSAH.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstract

Bimbingan yang tidak maksimal serta cara pembimbingan yang hanya memperhatikan segi fisik saja namun psikisnya kurang diperhatikan mengakibatkan pendidikan akhlak yang tidak baik. Permasalahan yang timbul, apakah terdapat pengaruh positif antara bimbingan panti asuhan terhadap pendidikan akhlak anak asuh di Yayasan Taman Harapan Kota Tasikmalaya?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan panti asuhan terhadap pendidikan akhlak anak asuh di yayasan taman harapan kota tasikmalaya.
Dengan tujuan diatas penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembimbing selaku pembimbing dalam kehidupannya dan juga selaku pengganti orang tua.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian terhadap masalah yang terjadi pada saat melakukan penelitian dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh di lapangan dan menafsirkannya.
Berdasarkan hasil pengolahan data untuk variabel X (bimbingan panti asuhan) mengenai bimbingan panti asuhan adalah mempunyai rataan sebesar 61 maka menurut kriteria perhitungan termasuk baik, karena berada di klasifikasi baik. Hal ini dapat disimpulkan, bahwa pengaruh bimbingan panti asuhan di yayasan taman harapan baik. Sedangkan analisis variabel Y (Pendidikan akhlak anak asuh) mempunyai rataan sebesar 63 maka menurut kriteria perhitungan termasuk baik karena berada pada klasifikasi baik. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa pendidikan akhlak anak asuh di yayasan taman harapan baik.
Koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y mengenai pengaruh bimbingan panti asuhan terhadap pendidikan akhlak anak asuh di yayasan taman harapan kota tasikmalaya yaitu rs sebesar 0,4733 maka berada pada klasifikasi tinggi, karena terletak pada interval 0,61 – 0,80. Artinya derajat determinasi (pengaruh variabel X dan Y) pengaruh bimbingan panti asuhan terhadap pendidikan akhlak anak asuh di yayasan taman harapan kota tasikmalaya sebesar 47,33%. Sedangkan 52,67% dipengaruhi oleh faktor lingkungan, faktor intern dan faktor ekstern anak asuh. Hasil uji signifikasi, diketahui bahwa setelah dilakukan perhitungan ternyata thitung sebesar 5,016 sedangkan ttabel yang diperoleh dalam daftar t (0,95) (28) = 1,70. Dengan demikian thitung 5,016 ≥ ttabel 1,70 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi setelah diuji signifikasi korelasi antara pengaruh bimbingan panti asuhan terhadap pendidikan akhlak anak asuh di yayasan taman harapan kota tasikmalaya ternyata ada pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:55
Last Modified: 04 Dec 2023 02:55
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item
View Item