Yunianto, Uly (2018) PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA PRODUK TABUNGAN iB MASLAHAH BANK BJBS KCP CIAWI TASIKMALAYA. Diploma thesis, Institut agama islam latifah mubarokiyah.
cover.pdf - Cover Image
Download (63kB)
abstrak.pdf - Other
Download (119kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (974kB)
daftar pustaka.pdf - Bibliography
Download (183kB)
Abstract
Atribut produk merupakan unsur-unsur produk yang dipandang penting dan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh bank. Semakin baik atribut produk sebuah perusahaan maka akan semakin banyak konsumen dalam perusahaan tersebut. Keputusan menabung nasabah melewati beberapa tahadapan yaitu: pengenalan masalah kebutuhan menarik perhatian (attention), pencarian informasi menuju ketertarikan (interest). Evalulasi alternatif menumbuhan minat (desire) tindakan keputusan pembelian (action).
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). atribut produk tabungan iB masalah BJBS KCP Ciawi tasikmalaya, 2). perkembangan nasabah tabungan iB masalah BJBS KCP ciawi tasikmalaya, 3). pengaruh atribut produk terhadap keputusan menabung pada produk tabungan iB masalah bank BJB syariah KCP Ciawi tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini dengan studi lapangan melalui observasi langsung ketempat penelitian, penyebaran kuesioner, wawancara, dokumentasi melalui dokumen-dokumen naskah atau laporan-laporan serta dari beberapa buku atau jurnal yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik analisis data dengan uji instrument menggunakan uji validitas, realiabilitas dan normalitas sedangkan untuk mengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, uji simultan F (Uji F), Uji persial (Uji t), dan uji perhitungan koefisien determinasi.
Berdasarkan kajian teori dan analisis data yang telah penelitian diatas, maka dapat disimbulkan sebagai berikut: 1). berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di bank BJBS KCP ciawai tasikmalaya ini, atribut produk tabungan iB maslahah diantaranya adalah kualitas, fitur, desain, merek, dan jaminan. 2). berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di BJBS KCP ciawi tasikmalaya ini, perkembangan produk tabungan iB maslahah setiap tahunya meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah nasabah tabungan iB maslahah di bank BJBS KCP ciawi tasikmalaya. 3). dari hasil uji t yaitu t hitung > t tabel diperoleh 1.541 > 0.165. dari hasil uji F diperoleh ingkat signifikansi 0.000 < 0,05 maka atribut produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung.
Simpulan dari penelitian ini, berdasarkan tabel koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (R2) R2=0.424 yang artinya bahwa atribut produk (x) berpengaruh sebesar 42,4% terhadap keputusan menabung (Y). Sedangkan sisanya 57.6% dipengaruhi oleh variabel yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Ekonomi Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 02:54 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 02:54 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/257 |